2 Mei Sebagai Tonggak Sejarah Pendidikan Bangsa Indonesia

Sekilas Sejarah Perkembangan Pendidikan Bangsa Indonesia. .... # Bravo SMAPRILA Jaya... # Hari ini Sabtu 2 Mei 2020 juga merupakan hari bersejarah bagi siswa dan siswi SMAPRILA dalam mendapatkan hasil akhir belajar selama 3 tahun mengenyam pendidikannya mengikuti jejak dan langkah pendahulunya... # Sukses Anak - Anakku...


Setiap mendengar tanggal 2 Mei, pastilah kita sebagai generasi penerus bangsa selalu ingat kembali sebuah nama yang sudah mendarah daging didalam benak dan jiwa seluruh rakyat Indonesia... Beliaulah Ki Hadjar Dewantoro.

Berikut sekelumit sejarah siapa sebenarnya Beliau...


Ki Hadjar Dewantara.
Lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun

Adapun nama aslinya adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.
Sejak tahun 1922 namanya berganti menjadi Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya disingkat sebagai Soewardi atau KHD.

Ki Hadjar Dewantara memiliki semboyan yang sangat terkenal hingga sekarang.


Adapun semboyan itu adalah tut wuri handayani, ing Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso. Lalu apa yang dimaksud dengan semboyan yang disampaikan oleh Beliau ?, berikut penjelasannya :


  1. Ing Ngarso Sung Tulodo artinya menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan.
  2. Ing Madyo Mbangun Karso, seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat.
  3. Tut Wuri Handayani, seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.

Semboyan Tut Wuri Handayani ini kini menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

Pendiri Perguruan Taman Siswa

Ki Hadjar Dewantara atau Soewardi mengembangkan konsep mengajar bagi sekolah yang ia dirikan pada tanggal 3 Juli 1922: Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa.


Saat ia genap berusia 40 tahun menurut hitungan penanggalan Jawa, ia mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara.

Ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya.

Menteri Pendidikan Republik Indonesia

Pada kabinet pertama Republik Indonesia, Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia pertama.

Pada tahun 1957 ia mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa, Dr.H.C.) dari universitas tertua Indonesia, Universitas Gadjah Mada.


Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum, ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional (Surat Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959).

Nama Ki Hadjar Dewantara menjadi tokoh sentra dalam tiap peringatan Hardiknas dan semboyannya Tut Wuri Handayani.



Bagi anak muda zaman sekarang, Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional termasuk nama Ki Hadjar Dewantara mungkin tidak begitu familiar.

Dengan demikian SMA PGRI Lawang salah satu lembaga pendidikan yang berupaya keras untuk mengantarkan anak - anak bangsa yang tidak menyimpang dengan ajaran oleh Ki Hadjar Dewantara, sehingga tujuan yang diharapkan oleh lembaga sekolah ini semoga kelak para siswa yang telah lulus dapat menjadi sosok yang bisa teladan, penyemangat dan selalu mampu memberi motivasi dalam mengisi kemerdekaan bangsa ini dan hidupnya akan bermanfaat untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta ini.

Kelulusan Siswa SMA/SMA secara nasional.

Kementerian Pendidikan Nasional, memanfaat hari bersejarah ini untuk bisa menjadi pengingat bagi seluruh siswa SMA/SMK se-Indonesia.

Dihari yang istimewa dan penuh berkah ini serta bersamaan dengan kondisi bangsa dan negara yang sedang melawan Covid-19 tengah melanda bangsa dan negara kita.

Namun demikian kami seluruh segenap tenaga pendidik dan pendidikan bangsa ini tidak pernah mengenal putus asa atau frustasi dalam kondisi seperti ini, kami semua telah berjuang dan berupaya untuk menjalakan semboyan yang telah ditanamkan oleh Pejuang Pendidikan bangsa ini, sehingga siswa dan siswi SMA/SMK khususnya SMA PGRI Lawang juga harus semangat dalam sejarah perjuangan bangsa ini.


Dalam momen bersejarah ini, maka SMA PGRI Lawang pada hari Sabtu 2 Mei 2020 pukul 12.00 melalui media online menyampaikan kelulusan bagi siswa siswinya tahun pelajaran 2019/2020. 

Semoga seluruh siswa dan siswa yang telah diluluskan tahun 2020 ini dapat mengikuti jejak Sang Pejuang Pendidikan dalam rangka mengisi pembangunan negara Indonesia tercinta.


Untuk menyampaikan kelulusan di SMA PGRI Lawang, maka sekolah ini menggunakan SOP yang telah ditentukan oleh kementerian pendidikan Republik Indonesia, yaitu :



  1. Melaksanakan pembelajaran, evaluasi dan penyampaian hasil pembelajaran selama 3 tahun di sekolah.
  2. Melakukan ujian sekolah
  3. Menetapkan kriteria kelulusan bagi siswa yang merujuk dari pedoman kelulusan yang diterbitkan oleh pihak kementerian pendidikan Republik Indonesia.
  4. Melaksanakan rapat pleno kelulusan siswa tahun pelajaran 2019/2020 di SMA PGRI Lawang.
  5. Melaksanakan pengumuman kelulusan bagi siswa dan siswi SMA PGRI Lawang dengan cara online via WA.
  6. Menyampaikan informasi kepada seluruh siswa tentang larangan bagi siswa pada saat setelah pengumuman disampaikan atau diinformasikan.
Kami sampaikan beberapa informasi yang berkaitan dengan kelulusan siswa SMA PGRI Lawang tahun pelajaran 2019/2020 pada hari Sabtu 2 Mei 2020. Dengan mengacu pada kebijakan SE No4/2020, masalah kenaikan kelas, kelulusan, dan PPDB dalam situasi covid 19, maka SMA PGRI Lawang menyampaikan informasi atau pengumuman dengan cara online via WA wali murid.

Berikut beberapa tahapan proses kululusan yang dilaksanakan di SMA PGRI Lawang.


Informasi Kelulusan Siswa SMAPRILA
Tahun 2019/2020
Berikut kami sampaikan kriteria kelulusan yang di buat oleh SMA PGRI Lawang yang telah disahkan oleh Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Malang.




Dari hasil rapat pleno kelelulusan yang dilaksanakan di SMA PGRI Lawang pada tanggal 30 April 2020 bahwa seluruh siswa kelas XII SMA PGRI Lawang dinyatakan lulus 100% yang diumumkan pada hari ini tanggal 2 Mei 2020 melalui cara online via WA wali murid atau orang tua.

Selamat dan Sukses untuk seluruh siswa SMAPRILA, semoga kalian selalu sukses dalam meraih masa depan kalian.

Sukses selalu buat anak - anakku semua. Aamiinn...



#Bravo...
#Jayalah SMAPRILA Jaya....
#www.smapgrilawang.sch.id
#imel: smaprila79@gmail.com
#FB : Smaprila Jaya
#IG: smapgrilawang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Wisata Kota Malang_by. Firananta Satrio Aji

Tata Cara Pendaftaran PPDB Online SMA PGRI Lawang Tahun Pelajaran 2020/2021